Sari Jahe Merah Izora telah Bersertifkat Halal

Produk Sari Jahe Merah Izora milik Beno. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Salah satu produk komoditas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kukar Sari Jahe Merah Izora telah memiliki sertifikat halal.

Pemilik Sari Jahe Merah Izora, Beno mengatakan bahwa telah sertifikat halal tersebut didapat secara gratis melalui pendampingan yang dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI.

“Tahun 2022 sudah bersertifikat halal. Awalnya mengira bakal sulit, ternyata sangat mudah mengurusnya,” ungkapnya kepada beritaalternatif.com pada Kamis (28/3/2024).

Menurut dia, sertifikat halal ini sangatlah penting bagi para pelaku usaha.

Pasalnya, dengan itu menandakan bahwa produk yang dijual oleh pelaku UMKM tersebut aman untuk dikonsumsi.

Apalagi, untuk mendapatan sertfikat halal ini para pelaku UMKM tentu telah melewati uji verifikasi kelayakan produk.

Beno mengungkapkan bahwa berkat sertifikat halal ini juga, produk Sari Jahe Merah menjadi lebih mudah dipasarkan.

“Semenjak ada lebel halal kami sering dapat orderan dari Tenggarong atau dari ibu-ibu Bhayangkari sering memesan buat souvenir sebagai pengenal produk UMKM Kecamatan Muara Kaman,” beber dia.

Selain sertifikat halal, ia juga telah memiliki Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Sertifikat PIRT itu juga didapatnya secara gratis yang difasilitasi langsung oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar.

“Alhamdulillah produk saya itu diarahkan oleh pihak Diskop-UKM untuk di ikutkan pelatihan. Terlebih ini produk olahan rumah tangga yang tidak cepat membusuk. Maka diberikan edukasi lebih oleh mereka,” terang Beno.

Dia berharap, kedepan bisa menghasilkan lebih banyak varian minuman dari tanaman herbal, seperti sereh, kunyit, temulawak dan lain-lain.

“Semoga dengan adanya bantuan administrasi ini bisa menguatkan Sari Jahe Merah Izora untuk menambah varian terbaru,” pungkasnya. (adv/lt/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA