Search
Close this search box.
Search

Satu-satunya Universitas di Kukar, Unikarta Kantongi Rekor Nasional hingga Internasional

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM  – Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong merupakan salah satu kampus ternama di Provinsi Kalimantan Timur.

Universitas yang dijuluki Kampus Ungu ini juga merupakan satu-satunya universitas di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Unikarta mempunyai tujuh fakultas dan sebelas program studi. Tahun ini, Unikarta telah mendapatkan izin untuk membuka program studi baru: Pendidikan Anak Usia Dini.

Unikarta memiliki kegiatan kemahasiswaan yang diberi nama Unikarta Mengaji, yang dikhususkan untuk mahasiswa-mahasiswa beragama Islam.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat pagi. Pada semester genap tahun akademik 2022/2023 ini diisi dengan kajian tentang berbagai tema tentang agama Islam. Sebagian pembicaranya merupakan dosen Unikarta.

Rektor Unikarta Tenggarong Prof. Ince Raden mengungkapkan bahwa kampus yang dipimpinnya juga memiliki program pengembangan bahasa asing.

Program tersebut telah berjalan sejak semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Ada dua bahasa pilihan: Inggris dan Arab.

Kata dia, program ini bertujuan meningkatkan kapasitas bahasa mahasiswa-mahasiswa Unikarta.

Kemudian, mahasiswa-mahasiswa Unikarta diwajibkan untuk menguasai Microsoft Office: Word, Excel, Powerpoint.

“Mahasiswa kita unggul di aspek kewirausahaan, bahasa, dan menguasai Microsoft Office,” ungkapnya di Ruang Rektor Unikarta, Rabu (15/3/2023).

Dia menjelaskan, saat ini Unikarta tengah menyusun peta jalan (road map) pembinaan kewirausahaan mahasiswa.

Pihaknya akan membangun Bisnis Center. Lembaga tersebut akan bekerja sama dengan 30 mahasiswa Unikarta Tenggarong yang telah mengikuti pelatihan kewirausahaan.

“Jadi, kita itu punya talent bisnis. Kita tidak hanya melatih, tetapi kita akan bantu kembangkan kewirausahaan mereka,” ucapnya.

Ince juga mendorong Unikarta bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kukar. Harapannya, program-program yang dikerjasamakan dapat membangun keunggulan bagi mahasiswa-mahasiswa Unikarta.

Saat ini, ungkap dia, jajaran Unikarta sedang membangun kerja sama dengan PT Bayan Resource Tbk untuk memperbaiki perpustakaan, pagar depan, dan auditorium Unikarta.

“Mohon doanya tahun ini akan bisa mengubah wajah baru Unikarta dan meningkatkan pembinaan karakter mahasiswa,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, Unikarta memiliki mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Prestasi tersebut tak terlepas dari peran 120 dosen di Kampus Ungu, yang di antaranya 3 profesor dan 28 doktor, serta 50% di antaranya telah mengantongi sertifikasi dosen.

Di luar keunggulan-keunggulan tersebut, Unikarta juga memfasilitasi kelas belajar mengajar pada pagi, siang, dan malam hari.

Pada masa penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Unikarta menargetkan dapat menerima 700 calon mahasiswa dari berbagai kalangan.

“Kami juga memberikan kesempatan untuk penyandang disabilitas berkuliah dengan fasilitas pelayanan yang terbaik di Unikarta,” ujarnya. (*)

Penulis: Nadya Fazira

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA