Search
Search

Sayid Thoriq Assegaff Sampaikan Peran Strategis dan Capaian DPW ABI Kaltim

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ahlulbait Indonesia (ABI) Provinsi Kaltim mengadakan kegiatan halalbihalal di Sekretariat DPW ABI Kaltim pada Minggu (14/5/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur penasehat, DPW, Dewan Pengurus Daerah (DPD), badan otonom tingkat wilayah hingga daerah se-Kaltim, yayasan dan majelis taklim di Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPW ABI Kaltim Sayid Thoriq Assegaff menyampaikan capaian organisasi selama tiga tahun terakhir.

Pertama, DPW ABI Kaltim mendapatkan legal organisasi berupa Surat Keterangan Lapor dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim.

“Alhamdulillah di awal kepengurusan kita sudah mendapatkannya. Hal ini merupakan bentuk kepatuhan kita terhadap konstitusi negara,” jelasnya.

Kedua, pencapaian formal berupa pengakuan pemerintah. DPW ABI Kaltim telah mengadakan audiensi secara intensif dengan pemerintah provinsi dan kabupaten-kota.

“Kita bertemu dengan Gubernur. Kemarin juga kita bertemu dengan Danrem dan pertemuan dengan unsur lainnya,” jelas Sayid Thoriq.

DPW ABI Kaltim juga diundang sebagai pembicara kegiatan Talk Show RRI tentang Peran Ormas dalam Menyambut IKN. DPW ABI Kaltim diundang atas rekomendasi Badan Kesbangpol Kaltim.

Pencapaian formal lainnya adalah Organisasi Masyarakat (Ormas) ABI Kaltim kerap diundang dalam kegiatan-kegiatan pemerintah daerah.

“Jadi, di acara-acara resmi pemerintah kita diundang untuk hadir dan selalu kita sampaikan bahwa kita adalah payung dari komunitas Syiah yang ada di Indonesia,” tegasnya.

Ketiga, pencapaian sosial. DPW ABI Kaltim mengadakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di kabupaten-kota di Kaltim.

Sejumlah kegiatan tersebut mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Kaltim.

“Dan sebagai variabel pengukurnya adalah bagaimana kita bisa bekerja sama dengan Ormas-Ormas yang lain,” bebernya.

Belum lama ini, DPW ABI Kaltim bekerja sama dengan Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA), Pemuda Muhammadiyah, dan beberapa Ormas lain dalam kegiatan khitanan massal.

Sayid Thoriq juga mengapresiasi DPD ABI Balikpapan dan Kukar yang sangat progresif dalam penyelenggaraan kegiatan sunatan massal.

Bahkan DPD ABI Kukar, sambung dia, mengadakan kegiatan khitanan massal di Kantor Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong.

“Lurahnya memberikan sambutan yang bagus kepada kita dan upaya ini kita dorong terus menerus agar peran Ormas ABI selalu ada di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan halalbihalal ini dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustaz Habib Ahmad Syahab.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur atas terpilihnya DPW ABI Kaltim sebagai salah satu DPW terbaik di tingkat nasional. (fz)

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA