Search
Search

SBI Rilis Temuan Survei Pilkada Kukar  Mei 2024

Direktur Eksekutif SBI Martain (Berita Alternatif/Rifa'i)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Search Borneo Indonesia (SBI) merilis temuan hasil survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada 22 Mei 2024 se-Kukar.

Direktur Eksekutif SBI, Martain mengungkapkan bahwa beberapa waktu yang lalu pihaknya melakukan riset di 18 kecamatan yang ada di Kukar, minus 2 kecamatan Kenohan dan Muara Wis yang belum dilakukan survei.

SBI melakukan riset selama 5 hari dimulai dari tanggal 10 hingga 15 Mei 2024 di 18 kecamatan tersebut.

Survei melibatkan 400 responden dari 40 desa, dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuisioner tertutup. Hasilnya memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 5 persen.

“Hasil survei ini menarik untuk dipublikasikan mengingat dinamika politik di Kukar yang semakin memanas. Kami berharap survei ini memberikan pandangan kepada para kandidat, elit politik, dan pemilih,” ujar Martain.

Survei yang dirilis pada Rabu (22/5/2024) ini menunjukkan bahwa Edi adalah calon terkuat dalam kontestasi tersebut.

Edi Damansyah, Bupati Kukar saat ini diprediksi memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada 2024 berdasarkan hasil survei terbaru dari SBI.

“Jauh di atas calon lain seperti Rendi Solihin 12,25 persen, Dendy Suryadi 7,75 persen, dan Awang Yacoub 6 persen,” tuturnya.

Hasil survei juga terungkap pontensi kuat Rendi Solihin sebagai sebagai calon wakil bupati dengan angka 51,5 persen responden,disusul Dendi Suryadi 9 persen dan Awang Yacoub 5,25 persen.

Martain mengatakan, dalam simulasi pasangan calon bupati dan wakil bupati, pasangan Edi-Rendi mendapat 60,5 persen dukungan, jauh di atas pasangan lain seperti Dendy-Rasid  yang hanya memperoleh 7 persen dan Awang Yacoub-Ardinansyah 6 persen.

Martain menegaskan kesimpulan dari survei tersebut yang paling mendominasi yakni Edi Damansyah pada Pilkada Kukar 2024.

“Edi Damansyah memiliki elektabilitas yang tinggi dan berpotensi menang dengan pasangan wakil siapa pun,” pungkas dia.

Penulis : Ahmad Rifa’i

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA