Seblak Sundapa Kantongi Sertifikat Halal

Lokasi Seblak Sundapa Jl. Sukarame yang diambil awak media ini saat diwawancarai pada 26 Maret 2024.(Berita Alternatif/Lita)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pemilik Seblak Sundapa Cucu Herawati mengaku telah mengantongi sertifikat halal demi menyuguhkan kuliner yang aman bagi pelanggan.

Sertifikat halal tersebut ia terima langsung dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI melalui Lembaga Pendamping Produk Halal (LPH) Kaltim yang difasilitasi langsung oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar.

“Alhamdulillah sudah ada lebel halal. Karena walaupun usaha seblak, tetap dibutuhkan sertifikasi halal untuk meyakinkan makanan kita higienis,” ujarnya kepada awak media Berita Alternatif pada Selasa (26/03/2024).

Dia mengatakan bahwa sertifikat halal bagi wirausaha yang bergerak di bidang kuliner sangat diperlukan agar produk yang dijual itu layak dikonsumsi oleh khalayak umum.

Cucu mengungkapkan, untuk mengurus sertifikat halal ini cukup mudah.

Pelaku usaha hanya perlu melengkapi beberapa dokumen seperti KTP, sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), serta membawa produk.

Selanjutnya, dokumen-dokumen itu akan diverifikasi langsung oleh pihak terkait.

“Awalnya mengira susah mengurus lebel halal, ternyata sangat mudah. Tinggal datang mengisi data, terus membawa administrasi yang diperlukan dan tidak lupa membawa produknya,” jelas dia.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada Diskop-UKM Kukar yang selalu mendukung pelaku-pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang.

Salah satunya dengan memfasilitasi para pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di bidang kuliner agar bisa mendapatkan sertifikat halal.

“Terimakasih Diskop UKM sudah memberikan sertifikasi halal untuk para pelaku UMKM,” ucap Cucu.

Melalui sertifikat halal yang telah didapat ini, ia berkomitmen akan terus meningkatkan usaha serta selalu menjaga kualitas produk.

Cucu pun ingin memperluas pemasaran Seblak Sundapa ini, baik secara langsung maupun digital.

“Juga mau meningkatkan pemasaran melalui review teman-teman influencer,” katanya.

Dia berharap usaha ini terus berkembang pesat, serta bisa terus melakukan inovasi-inovasi demi bisa memuaskan lidah para pelanggan setia Seblak Sundapa. (adv/lt/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA