Search
Search

Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara Bakal Hadir di IKN

Sekolah Islam Al Azhar
Presiden Joko Widodo. (Humas OIKN)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM Baru saja dilakukan groundbreaking pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (4/6/2024).

Pembangunan Sekolah Islam tersebut diinisiasi oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan dengan PT Summarecon Agung Tbk.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan peran sektor pendidikan yang vital, terlebih Nusantara sebagai kota yang cerdas dan hijau perlu memiliki fasilitas pendidikan.

“Fasilitas pendidikan sangat diperlukan di berbagai jenjang, karena nantinya ketika fasilitas-fasilitas sudah ada di Nusantara maka akan menarik bentuk investasi-investasi lain di IKN,” ucap Jokowi.

Ia turut mengapresiasi desain bangunan komplek sekolah yang memiliki aspek yang menyatu dengan alam, serta penggunaan teknologi yang mutakhir dalam pembelajarannya.

Dengan total investasi mencapai Rp 200 miliar, Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menghadirkan jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di lahan seluas 2,9 hektar.

Sekolah ini akan menjadi bangunan modern berwawasan lingkungan yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna. Bangunan sekolah mengambil konsep rumah panggung dengan interior bangunan mengusung konsep berkelanjutan.

Selain itu, Masjid Al Azhar Summarecon Nusantara juga akan dibangun sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara dan nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN.

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono mengatakan fasilitas pendidikan merupakan fasilitas penting yang dibutuhkan di IKN.

“Kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menambah ketersediaan pendidikan berkualitas yang nantinya akan segera hadir. Bersama dengan fasilitas pendidikan lainnya, diharapkan akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga perkembangan dan mutu pendidikan di IKN dapat tumbuh dengan pesat,” papar Basuki.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi mengungkapkan pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang menjadi sekolah ke-5 ini akan segera dimulai pembangunannya.

” Diharapkan tahap pertama akan selesai di Q1 2026 sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dimulai pada tahun ajaran 2026/2027, sedangkan tahap kedua diharapkan akan dimulai pada Q1 2027,” ujarnya. (*)

Editor: Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA