Search
Search

Sektor Pertanian Terkena Dampak Kekeringan, Abdul Rasid Beberkan Solusinya

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid. (Berita Alternatif/Ufqil Mubin)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid merespons masalah kekeringan lahan pertanian akibat hujan yang tak kunjung turun di Kukar sekitar satu bulan terakhir.

Rasid mengakui bahwa dalam sebulan belakangan ini, Kukar menghadapi musim kemarau yang cukup ekstrem dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Akibatnya, lahan pertanian di seluruh kecamatan di Kukar mengalami kekeringan. “Saya lihat danau-danau di Hulu juga sudah mengering,” ucapnya di Kantor DPRD Kukar pada Rabu (9/8/2023).

Dia pun menyarankan Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar serta dinas-dinas terkait di bawah naungan Pemkab Kukar untuk melihat secara langsung dampak kekeringan yang melanda lahan-lahan pertanian di Kukar.

“Kemudian coba pikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh dinas terkait bagaimana untuk mengantisipasi hal ini,” sarannya.

Politisi Golkar ini juga mendorong Pemkab Kukar membuat embung ataupun memanfaatkan embung-embung yang tersedia untuk menanggulangi kekeringan di sektor pertanian.

“Supaya embung-embung itu bisa memberikan pengairan bagi petani-petani kita,” imbuhnya.

Sumber air untuk lahan pertanian juga dapat ditanggulangi dengan sistem pengeboran. Namun, Rasid mengakui bahwa sistem tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar.

Dia lebih menekankan kepada Pemkab Kukar untuk memilih solusi lain seperti pembangunan embung untuk mengairi lahan pertanian.

“Atau mungkin ada serapan-serapan air yang bisa dikelola. Mungkin itu saja yang dimaksimalkan,” katanya.

Pembangunan embung, sambung dia, bisa dilakukan dalam waktu yang relatif cepat di tengah kemarau yang melanda Kukar.

Ia menekankan, Pemkab Kukar bisa memetakkan wilayah-wilayah pertanian yang mengalami kekeringan. Kemudian, merencanakan dan melaksanakan pembangunan embung di sejumlah wilayah tersebut.

“Harapannya embung-embung itu bisa menyimpan air yang cukup lama untuk kepentingan pertanian kita,” pungkasnya. (fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA