Seorang Pedagang Pasar Tangga Arung Produksi Songkok Khas Kutai

Songkok khas Kutai milik Badaruddin. (Berita Alternatif/M. As'ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Seorang pedagang Pasar Tangga Arung Tenggarong Badaruddin berhasil memproduksi songkok khas Kutai.

Keterampilan itu dia pelajari secara otodidak dengan membongkar beberapa songkok khas Kutai untuk memperhatikan secara detail cara pembuatannya.

Setelah melakukan banyak percobaan, akhirnya ia pun berhasil membuat songkok atau kopiah tersebut.

“Jadi saya coba beberapa kali tu belum bisa. Dicoba terus akhirnya dapat hak meulah sorang,” ujarnya kepada media ini, Sabtu (20/4/2024).

Ia mengungkapkan, awal mula membuat sendiri songkok khas Kutai ini karena kekecewaannya saat memesan kopiah tersebut dengan seseorang.

Pria yang karib disapa Badar itu menceritakan, pesanan tersebut dalam waktu yang lama belum juga selesai.

Padahal, dia sudah menyetorkan uang muka sebagai tanda jadi pemesanan.

Dikarenakan belum juga menerima pesanan, ia pun langsung mendatangi seseorang tersebut untuk menanyakan progres pesanan songkok yang dipesan.

“Soalnya kan udah saya kasih DP (uang muka). Terus didatangi itu belum jadi-jadi songkoknya. Terus pas ditanyain uangnya DP sya itu mana, ternyata itu sudah dipakai orang. Nah itu yang membuat saya kecewa,” ungkap Badar.

Setelah kejadian itu, ia pun inisiatif untuk belajar sendiri membuat songkok khas Kutai agar bisa memproduksi sendiri tanpa memesan kepada orang lain.

“Mulai situ hak tu sampai bisa meulah sorang sampai sekarang,” pungkasnya.

Bagi masyarakat yang ingin memesan songkok khas Kutai yang berkualitas itu bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp 081258076788 atau Instagram @songkokkhaskutai. (adv)

Penulis dan Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA