Syarifuddin Dukung Program KKI untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku UMKM

Anggota DPRD Kukar, Syarifuddin. (Istimewa)

BERITAALTERNATIF.COM – Anggota DPRD Kukar Syarifuddin mendukung program Kredit Kukar Idaman (KKI) karena dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM).

Program KKI merupakan bagian dari respons konkret Pemkab terhadap maraknya pinjaman secara online maupun rentenir. Program ini menawarkan skema kredit melalui Bankaltimtara dengan bunga nol persen.

KKI bertujuan untuk memberikan ruang yang luas kepada seluruh masyarakat agar dapat mengembangkan peluang berusaha dengan penguatan aspek permodalan.

“Kredit Kukar Idaman diperuntukkan untuk para pelaku UMKM dengan pinjaman tanpa bunga dan tanpa jaminan,” jelasnya, Kamis (16/11/2023).

Anggaran yang dikucurkan sekitar Rp 9 miliar melalui Bankaltimtara. Tapi direalisasinya dinilai Syarifuddin belum maksimal karena sebagian masyarakat tidak ingin memiliki tanggungan utang piutang, sehingga program ini perlu dievaluasi dan ditingkatkan.

“Sejauh ini untuk hasilnya apakah sudah terserap atau belumnya, itu ada di pemerintah,” ungkapnya.

Ia mengaku program KKI sangat penting karena tak hanya mencakup bidang usaha saja, tapi juga membantu petani dan nelayan untuk meningkatkan produksi pangan daerah.

Syarifuddin berharap masyarakat bisa mengembangkan usaha mereka melalui KKI, sesuai dengan kebutuhan dan dihitung berdasarkan keuntungan usaha.

“Program KKI ini penting untuk menghindari pinjaman di rentenir maupun online,” pungkasnya. (adv/lt)

Bagikan

TAGS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT

Jasa Pembuatan Website

PASANG IKLAN

Ukuran = 1:1

BERITA TERBARU