Target BUMDes Kerta Buana Berikan Dampak Ekonomi, Berkontribusi di IKN

Kades Kerta Buana l Dewa Ketut Adi Basuki (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM –  Kepala Desa (Kades) Kerta Buana l Dewa Ketut Adi Basuki mengatakan target pengelolaan BUMDes di wilayahnya dapat ikut berkontribusi bagi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menyampaikan saat ini BUMDes Kerta Buana fokus di antaranya di sektor peternakan, dan usaha jual batako.

Selain itu, pihaknya juga membuka sektor pertanian. Namun, menurutnya di sektor pertanian sendiri sementara ini masih dihentikan, mengingat beberapa bulan terakhir ini harga gabah yang  naik melonjak.

“Jadi, saat ini kami masi hentikan untuk beli gabah petani, karena kondisi harga gabah yang sangat mahal, jelasnya saat di wawancara awak media Berita Alternatif pada Senin (25/3/2024).

Ketut Adi mengatakan, secara teknis kita sering mendapatkan tantangan dan kendala di lapangan.

Namun, pihaknya akan terus mendorong BUMDes tersebut agar terus berinovasi dan berupaya membantu kemajuan desa.

Saat ini BUMDes di Desa Kerta Buana belum memiliki  kantor sendiri, sehingga, pemerintah desa berusaha agar dapat membangun kantor BUMDes.

“BUMDes kami belum memiliki kantor sendiri, jadi kami mashi pakai rumah pengelola BUMDes yang dijadikan kantor sementara,” tuturnya.

Dia masih mencari tempat yang strategis untuk pembangunna kantor.

Pihaknya terus menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan yang ada di Kerta Buana agar dapat menghibahkan lokasi yang kosong untuk pembangunan kantor BUMDes.

“Pengelolaan BUMDes Kerta Buana diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang luas ke depannya. Apalagi, Kukar masuk dalam wilayah IKN. Ini harus kita manfaatkan agar kita terlibat langsung di dalam,” beber dia. (adv/hmd/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA