Search
Search

Tingkatkan Minat Belajar Siswa, SDN 009 Hambau Maksimal Kurikulum Merdeka

Kepala SDN 009 Desa Hambau, Kecamatan Kembang Janggut, Sutarman. (Berita Alternatif/Rifa'i)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – SDN 009 Desa Hambau Kecamatan Kembang Janggut memaksimalkan Kurikulum Merdeka dalam rangka meningkatkan minat belajar para peserta didik.

Kepala SDN 009, Sutarman mengungkapkan bahwa Kurikulum Merdeka ini sangatlah mudah diterapkan dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.

Maka dari itu, pihaknya menerapkan kurikulum tersebut sesuai dengan petunjuk agar dapat meningkatkan minat belajar para siswa.

“Makanya di tahun yang akan datang kami akan mengikutkan sebanyak 4 kelas masuk di dalam Kurikulum Merdeka,” kata dia, Rabu (19/6/2024)

Ia menjelaskan, penerapan Kurikulum Merdeka secara umum lebih banyak berpusat pada keaktifan peserta didik. Sedangkan, guru-guru lebih cenderung banyak mendampingi serta mengarahkan siswa-siswi ke hal-hal yang semestinya dilakukan.

“Di samping itu juga kita melihat dari kemampuan dan kemauan siswa itu positif atau tidak,” ucap Sutarman.

Dia menjelaskan, agar Kurikulum Merdeka ini bisa diterapkan secara maksimal maka para guru harus terus memantau perkembangan para peserta didik supaya bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengarahkan mereka ke hal-hal yang semestinya.

“Tidak hanya semata-mata mengikuti apa yang menjadi kemauan anak-anak saja. Banyak salah persepsi, akhirnya anak itu tidak menjadi maksimal,” jelasnya.

Selain itu untuk membentuk karakter, pihaknya mewajibkan para peserta didik mengikuti Pramuka.

Sutarman menilai bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Pramuka sangatlah baik untuk membantu meningkatkan kreativitas para peserta didik.

“Karena itu kami sangat mewajibkan anak-anak untuk ikut dalam kegiatan Pramuka,” pungkas dia. (adv)

Penulis: Ahmad Rifa’i

Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA