Search
Search
Search
Close this search box.

Disperindag Aktifkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kukar

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pemberdayaan Industri Disperindag Kukar Arbain saat diwawancarai di Kantor Disperindag Kukar pada Rabu, 8 Mei 2024. (Berita Alternatif/Erlita Budiarti)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mengaktifkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kukar.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pemberdayaan Industri Disperindag Kukar Arbain menjelaskan bahwa pihaknya berupaya menaikkan kelas Dekranasda Kukar.

Disperindag Kukar, kata dia, telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kerajinan daerah.

Ia menyebut Disperindag tengah mendorong para pengarajin di setiap kecamatan memiliki ciri khas di bidang kriya dan wastra.

Usaha tersebut telah dikoordinasikan dengan Kementerian BUMN serta Kementerian Koperasi dan UMKM. “Insyaallah akan berjalan di tahun 2024 ini,” ujarnya saat ditemui di Kantor Disperindag Kukar oleh awak media Berita Alternatif pada Rabu (8/5/2024).

Pihaknya akan memberikan pelatihan di setiap kecamatan dan desa. Pelatihan akan disesuaikan dengan ciri khas produk yang dihasilkan oleh masing-masing kecamatan dan desa di Kukar.

“Kami lihat potensi masyarakat. Semisal penghasil rotan atau identik Kukar ini manik-manik, kami berupaya untuk mengusulkan pelatihannya,” terang dia.

Kata Arbain, Disperindag Kukar sudah melakukan riset terkait industri yang dikembangkan di setiap desa dan kecamatan di Kukar.

Mereka juga telah menjalankan sejumlah program seperti pelatihan, workshop, hingga studi tiru ke beberapa daerah untuk meningkatkan industri di bidang kriya.

Hal ini dilakukan Disperindag Kukar untuk memajukan dan meningkatkan kerajinan di bawah naungan Dewan Kerjinan Nasional Daerah Kukar.

Dia berharap Dekranasda Kukar dapat menggali potensi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam rangka mewujudkan harapan itu, pihaknya akan membangun kerja sama dengan daerah-daerah lain di Kaltim bahkan di tingkat nasional.

“Dalam waktu dekat insyaallah kami akan melakukan MoU dengan pihak Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan potensi kerajinan yang ada di Kukar,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Erlita Budiarti

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

Advertisement
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA