Search
Search
Search
Close this search box.

DP2KB Kukar Wakili Kaltim dalam Kompetisi Tim Pendamping Keluarga

Sekretaris DP2KB Kukar Mastukhah saat diwawancarai awak media Berita Alternatif pada Rabu, 8 Mei 2023. (Berita Alternatif/Erlita Budiarti)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mewakili Kaltim dalam kompetisi Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Sekretaris DP2KB Kukar Mastukhah menjelaskan bahwa kompetisi tim tersebut diinisiasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kader pendamping keluarga, jelas dia, terdiri dari tenaga kesehatan, kader keluarga berencana, dan kader PKK.

Ia menyebut tim pendamping keluarga di Kukar mencapai 1.400 orang. Mereka terbagi di sejumlah kecamatan di Kukar.

Desa Kahala Kecamatan Kenohan menjadi tim percontohan pendamping keluarga yang dipilih Pemkab Kukar untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Kukar dipercaya maju mewakili Kaltim sebagai tim pendamping keluarga yang diinisiasi BKKBN,” jelasnya saat diwawancarai awak media Berita Alternatif pada Rabu (8/5/2024).

Mastukhah mengungkapkan bahwa terdapat 3 perwakilan provinsi di Indonesia yang tergabung dalam tim pendamping keluarga, di antaranya Kalimantan Tengah, DIY Yogyakarta, dan Kaltim yang diwakili oleh Kukar.

“Dari 800 sekian kelompok PPK, kami termasuk yang mewakili Kaltim,” bebernya.

Saat ini, ungkap dia, pihaknya sedang mengikuti penilaian tim dari pemerintah pusat. Penilaian ini merupakan yang kedua setelah Kukar terpilih sebagai perwakilan Kaltim.

Penilaian tersebut terdiri dari presentasi tindakan PPK, presentase ibu hamil dari berbagai aspek, hingga keluarga yang mendapat bantuan Program Keluarga Harapan.

Ia berharap keikutsertaan Kukar sebagai perwakilan Kaltim dalam kompetisi tim tersebut dapat memotivasi seluruh PKK yang tersebar di berbagai kecamatan di Kukar.

Mastukhah menyebut keterlibatan Kukar dalam kompetisi tim itu tak semata perlombaan, melainkan juga bagian dari edukasi bagi pendamping keluarga agar mendorong kesejahteraan ibu dan anak.

“Kami berharap menjadi penyemangat tim PPK di kecamatan lainnya. Soal juara, nantinya akan menyesuaikan dari kinerja,” tutupnya. (adv)

Penulis: Erlita Budiarti

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

Advertisement
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA