Search
Search
Search
Close this search box.

Koperasi Bina Tani dan PT Pama Bangun Kerja Sama untuk Promosikan Produk-Produk UMKM

Dokumentasi pameran produk UMKM Bina Tani Jaya Bersama. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Koperasi Jasa Bina Tani Jaya Bersama membangun kerja sama dengan para pelaku UMKM yang dibina PT Pamapersada Nusantara Distrik Baya (Pama Baya) dan United Tractor.

Kerja sama tersebut berbentuk promosi dan penjualan produk di galeri Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Sepinggan Balikpapan.

Ketua Koperasi Jasa Bina Tani Jaya Bersama, Mujiati menjelaskan, para pelaku UMKM tersebut merupakan binaan perusahaan melalui program corporate social responsibility.

“Produk tersebut ditempelkan secara langsung oleh PT Pama ke Koperasi Bina Tani,” ujarnya saat wawancara bersama awak media Berita Alternatif, Selasa (30/4/2024).

Dalam kerja sama ini, kata dia, koperasi yang dipimpinnya berperan dalam menjual dan mempromosikan produk-produk para pelaku UMKM yang dibina oleh dua perusahaan tersebut.

Sejumlah produk UMKM yang dipromosikan dan dijual meliputi aneka keripik singkong, kripik buah, hingga kerupuk dan amplang.

“Kita juga melalui galeri ini membantu UMKM memasarkan produknya dan sekaligus mengenalkan produk asli Kalimantan Timur,” terangnya.

Kerja sama ini, ungkap dia, terus berjalan karena manajemennya tergolong rapi.

Ia menyebut kerja sama tersebut juga berjalan dengan baik disebabkan semua pihak mengambil manfaat darinya.

Baik koperasi maupun para pelaku UMKM mendapatkan keuntungan dalam kerja sama ini. “Semisal harga dasar Rp 10 ribu, kami jual jadi Rp 15 ribu,” jelasnya.

Keuntungan tersebut, beber Mujiati, digunakan oleh Koperasi Jasa Bina Tani Jaya Bersama untuk menggaji para karyawan yang bekerja di galeri Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Sepinggan Balikpapan.

Dia berharap kerja sama ini bisa terus berjalan sehingga sejumlah UMKM yang dibina PT Pama dan United Tractor bisa berkembang dari tahun ke tahun.

“Dengan adanya kerja sama ini kami merasa terbantu. Selain dari pihak koperasi dipercayakan untuk memanajemen, pelaku usaha terbantu untuk pemasaran produk,” pungkas. (adv)

Penulis: Erlita Budiarti

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

Advertisement
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA