Ketika Pencak Silat Merambah Suriah

Latihan Pencak Silat. (Humas Kemlu)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Para peserta Pencak Silat dari 3 (tiga) cabang latihan memenuhi Kompleks Olahraga Al-Faiha, Damaskus, Suriah. Mereka tengah mengikuti Upacara Kenaikan Tingkat dan Latihan Gabungan pada Rabu (15/12/2023).

Sejak dimulainya latihan pada 28 September 2023, kegigihan peserta Pencak Silat Suriah terbayar dengan diresmikannya 11 peserta sebagai Kader Dasar (Sabuk Biru) Tapak Suci. Setelah ini mereka pun dapat memulai pelatihan Pencak Silat di lingkungan masing-masing.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Suriah, Wajid Fauzi, memberikan apresiasi tinggi terhadap semangat dan dedikasi para peserta Pencak Silat.

Ia berharap bahwa “Dengan pencapaian kaderisasi dan organisasional ini, pencak silat Suriah dapat terlibat dalam pertandingan Pencak Silat internasional,” harap Dubes Fauzi.

Menurutnya, tidak hanya dari segi teknis, Pencak Silat Suriah juga meraih pencapaian organisasional yang signifikan.

“Federasi Olahraga Suriah telah secara resmi mengakui Pencak Silat sebagai olahraga bela diri dan membentuk Komite Tinggi Pencak Silat Suriah sebagai organisasi induk di Suriah,” ungkapnya.

Diketahui, Perwakilan Wilayah Tapak Suci Suriah juga telah diukuhkan oleh Pimpinan Pusat Tapak Suci Indonesia, sementara proses pendaftaran ke Persilat sedang berlangsung.

Sementara itu, Ketua Federasi Bela Diri Suriah yang juga Ketua Komite Tinggi Pencak Silat Suriah, Mr. Adnan Al-Masri, menyampaikan apresias atas dukungan dari KBRI Damaskus yang telah mengenalkan dan menyelenggarakan pelatihan Pencak Silat.

“Ini hanyalah langkah awal dan kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut nantinya,” ujar Mr.Adnan.

Para peserta nampak bersemangat mengikuti latihan gabungan dengan penampilan jurus dan gerakan silat yang telah dipelajari. Latihan gabungan semakin semarak dengan tampilnya Amir dan Nur, anak dari peserta Pencak Silat Suriah yang terlihat mahir memeragakan gerakan-gerakan Pencak Silat seperti beberapa jenis guntingan. (nsa)

Sumber: Kemlu

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA