Search
Search

Pemdes Embalut Kembangkan BUMDes dan UMKM

Kepala Desa Embalut, Yahya. (Berita Alternatif/Lita)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Kepala Desa Embalut Yahya mengaku akan terus berupaya mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga pelaku UMKM.

Menurutnya, ada dua sektor andalan di Desa Embalut, yakni UMKM dan pembudidaya ikan sebagai sumber mata pencaharian warganya.

“Aktivitas warga setiap harinya sebagai pembudidaya ikan. Alhamdulillah ikan produksi warga kami sudah sampai ke IKN,” katanya kepada awak media, Sabtu (4/11/2023).

Selain menghasilkan ikan segar, warga Desa Embalut mengolahnya menjadi beberapa bahan cemilan, salah satunya kerupuk ikan. Bahkan, warga mengolah tulang ikan menjadi cemilan yang kaya nutrisi.

“Kita juga akan jajaki Desa Embalut sebagai lumbung pakan. Artinya, petani ikan mengambil pakan dari BUMDes,” tambahnya.

Yahya juga menegaskan akan berupaya agar semua pelaku UMKM di Desa Embalut memiliki legalitas. Hal ini diupayakan secara bertahap, seperti usaha BUMDes membuat Pertamina Desa yang bertahun-tahun mengalami kendala Izin Membangun Usaha (IMB).

Namun, hal itu bisa diupayakan Pemdes Embalut.

Ke depan, kata dia, para pelaku usaha akan memiliki izin usaha.

Sejauh ini, dukungan dan bantuan untuk pembudidaya ikan juga datang dari DPRD Kukar serta Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar.

“Harapan untuk ke depannya Desa Embalut bisa memandirikan masyarakat dengan BUMDes, baik segi UMKM dan pembudidaya ikan,” pungkasnya. (adv/lt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA