Ismail Amin Tanggapi Sikap Ambivalen Felix Siauw soal Serangan Iran ke Israel

Pengamat Timur Tengah, Ismail Amin Pasannai. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pengamat Timur Tengah Ismail Amin Pasannai menanggapi pernyataan Felix Siauw terkait serangan Iran terhadap Israel pada akhir pekan lalu.

Dalam pernyataannya, Felix mengaku kecewa karena hanya Iran yang menyerang Israel. Ia mempertanyakan peran negara-negara Arab dan Muslim di dunia.

“Kalau dari awal Koh (Felix) tahu geopolitik, tidak ikut mengompor-ngompori orang memusuhi Bashar al-Assad, membenci Iran, dan memandang negatif Syiah, tentu saja Iran tidak akan sendiri,” ucapnya sebagaimana dikutip dari video yang diunggah Ismail di akun Facebook pribadinya pada Kamis (18/4/2024).

Ia menyebut Suriah sudah bertahun-tahun menanamkan sikap perlawanan terhadap Israel. Sikap itu telah diambil negara tersebut sejak Suriah dipimpin ayah Bashar, Hafiz al-Assad.

“Kenapa justru Anda mendukung Bashar al-Assad untuk dijatuhkan? Anda yakin penggantinya akan anti Zionis juga? Kenapa Suriah dan juga Lebanon tidak efektif penyerangannya ke Israel? Karena negara-negara Arab yang jauh lebih besar, yang jauh lebih kaya, lebih maju, tidak menyerang Israel,” tegasnya.

“Itu yang harusnya Anda kompor-kompori. Bukan malah kampanye anti Bashar Assad, anti Iran, anti Syiah, anti Hizbullah. Terus kecewa mengapa Iran yang hanya menyerang Israel,” sambungnya.

Sebelumnya, Felix pernah begitu bersemangat mendorong para pemuda Indonesia berjihad ke Suriah serta memerangi Bashar.

“Mengapa Anda tidak melakukan itu sekarang untuk mendorong murid-murid serta follower Anda untuk berjihad di Gaza?” tanyanya.

Dia pun mempertanyakan sikap Felix yang justru memuji ISIS, yang disebutnya sebagai mujahidin Islam.

Ismail juga menyebut Felix pernah memuja Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Felix juga berkali-kali telah mengunjungi Turki.

“Mengapa Anda tidak mendorong Turki untuk menyerang Israel?” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa apabila negara-negara Muslim di dunia memiliki kesadaran dalam membangun persatuan, maka Israel telah hancur sejak lama.

Ia menjelaskan, Republik Islam Iran sudah lama menyerukan persatuan Islam. Hal ini merupakan solusi untuk membebaskan Al-Quds.

Apabila sejak dulu Felix mendorong persatuan Sunni-Syiah, kata Ismail, termasuk mendukung perjuangan Suriah, Iran, Hizbullah, dan Yaman dalam melawan Israel, maka Iran tidak akan sendiri dalam menyerang Zionis.

“Tapi juga Saudi, Emirat, Kuwait, Mesir, Turki, dan seterusnya (akan ikut menyerang Israel),” tutupnya. (*)

Penulis & Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA