Search
Search
Search
Close this search box.

Tak Ada APBD Perubahan di Kukar Tahun Ini?

Tak Ada APBD Perubahan
Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono. (Pusaran Media)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Beredar informasi dari sejumlah pihak yang menyebut bahwa tahun ini Kukar tak memiliki APBD Perubahan.

Sekretaris Daerah Kukar Sunggono membantah hal itu. “Belum sampai ke situ (keputusan terkait tidak ada APBD Perubahan),” ujar dia baru-baru ini di Kantor RPK Kukar.

Ia menyebut Pemkab Kukar tengah melakukan evaluasi terhadap APBD Kukar tahun 2024 sebelum membahas APBD Perubahan.

“Sekarang masih dalam proses evaluasi,” katanya sembari menegaskan bahwa pekan ini pihaknya akan melakukan evaluasi lanjutan terkait APBD Kukar.

Sunggono mengatakan, Pemerintah Pusat telah mentransfer sebagian besar dana Kukar di APBD tahun 2024.

“Tahun ini memang belum semuanya ditransfer,” katanya.

Kata dia, dana yang ditransfer Pemerintah Pusat kepada Pemkab Kukar tak pernah mencapai 100 persen sebagaimana diproyeksikan dalam APBD Kukar.

“Paling 80 persen sampai 90 persen. Itu pun di waktu injury time,” ucapnya.

Transfer dana dari Pemerintah Pusat yang kerap dilakukan di akhir tahun membuat Pemkab Kukar kesulitan untuk membelanjakan seluruh dana tersebut.

“Bagaimana kita bisa memastikan dana itu diakomodir, bisa terbiayai, itu kemampuan kami yang akan diuji untuk menyelesaikannya,” ujar Sunggono.

Disinggung serapan APBD Kukar tahun 2024, dia menyebut serapan anggaran dari segi pelaksanaan fisik sudah mencapai target Pemkab Kukar.

“Jadi, penyerapan itu macam-macam. Ada dari sisi pelaksanaan fisik dan keuangan. Itu beda-beda persentase serapannya,” bebernya.

Secara umum, sambung dia, penyerapan APBD Kukar tahun ini belum mencapai 50 persen. “Kira-kira 30 persen,” pungkasnya. (*)

Penulis & Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA