Search
Search
Search
Close this search box.

Ketika Nabi Ibrahim as Diperintah untuk Menyembelih Nabi Ismail as

Ilustrasi.(artpictures.club)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Menurut riwayat, pada tanggal 10 Dzulhijjah ini di mana kaum Muslim merayakan Iduladha, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyembelih Nabi Ismail as.

Nabi Ibrahim as pun membawa Nabi Ismail ke tempat penyembelihan, namun Malaikat Jibril turun sambil membawa domba dan Nabi Ibrahim as menyembelih hewan kurban itu sebagai ganti putranya.

Sunnah berkurban pada hari Iduladha di Mina diadakan untuk mengenang kejadian itu. Kaum Muslim yang pergi berhaji ke Mekah untuk melaksanakan amalan ibadah haji mengerjakan serangkaian kegiatan di Mina, di antaranya adalah melaksanakan kurban.

Menurut literatur-literatur agama beberapa amalan sangat dianjurkan pada malam dan siang hari Iduladha.

Di antara amalan malam Id adalah tetap terjaga pada malam Iduladha, mandi dan ziarah Imam Husain as.

Pada siang hari Iduladha dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan seperti mandi, salat Iduladha, berkurban, ziarah Imam Husain as dan membaca doa Nudbah. Hukum berpuasa pada hari raya Iduladha seperti pada hari raya Idulfitri adalah haram.

Nama-nama lain Iduladha

Nama-nama lain Iduladha adalah Idul Qurban dan Hari Raya Darah.

Id Qurban adalah hari diujinya Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as yang berhasil keluar dari ujian ini.

Sejarah Berkurban

Nabi Ibrahim berdasarkan mimpinya, harus mengorbankan anaknya sendiri. Ia, demi memenuhi perintah Allah Swt pada hari raya Idul Qurban membawa putranya, Nabi Ismail as ke Mina.

Ketika di Mina sampai pada Jumrah pertama setan menampakkan diri di depannya. Nabi Ibrahim as melemparkan batu sebanyak tujuh kali ke arah setan itu.

Pada lemparan Jumrah yang kedua dan ketiga, Nabi Ibrahim as juga melemparkan batu lagi. Melempar jumrah sebanyak tiga kali ini merupakan amalan dalam manasik haji.

Ketika berkurban, Nabi Ibrahim as meletakkan dahi Nabi Ismail as ke tanah dan meletakkan pisau tajam di lehernya, namun batang leher Nabi Ismail tidak terpotong dan akhirnya ketika ayah dan anak itu menunjukkan kepasrahannya secara total dalam menjalankan perintah Ilahi, maka Allah Swt menerima persembahan mereka dan Ibrahim memotong domba yang dibawakan oleh Malaikat Jibril sebagai ganti atas mengorbankan putranya.

Di zaman jahiliyah, perbuatan berkurban tidak lepas dari kesyirikan. Mereka melumuri Ka’bah dengan darah kurban, dan dagingnya digantungkan di Ka’bah agar diterima oleh Tuhan. Dalam Al-Qur’an kebiasaan ini dicela dan kemudian diberitahukan bahwa ketakwaan adalah syarat diterimanya kurban. Karena takwa dan ketulusan untuk berkurban inilah hari Nahr dinamakan dengan “Haji Akbar”.

Rahasia-Rahasia Berkurban

Rahasia sampainya ibadah (kepada Allah) terletak pada penerimaannya. Misalnya, kesucian (thaharah) adalah sebuah syarat, namun untuk sampai kepada rahasia ibadah, pelakunya harus bertakwa dan syarat diterimanya salat adalah takwa, “Sesungguhnya Allah menerima (ibadah) orang-orang yang bertakwa”.

Hikmah dari berkurban adalah mendekatkan diri kepada Allah yang mana jika suatu amal didasari oleh takwa maka kedekatan itu akan tercapai. “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Tabiat Tama’ dan Rakus Harus Dipotong dan Dibunuh

Salah satu hikmat berkuban adalah memberi makan orang-orang fakir dan yang membutuhkan. Rasulullah Saw pada haji Wada’ membawa 100 ekor unta untuk dikurbankan. Beliau menegaskan bahwa rahasia diwajibkannya kurban (bagi jemaah haji) adalah untuk membantu orang-orang fakir di mana mereka bisa makan dagingnya secara leluasa, seraya bersabda: “Maka suguhkanlah daging kurban itu kepada mereka”.

Iduladha di Negara-negara Islam

Iduladha adalah salah satu hari libur resmi di kalender Islam. Di beberapa negara Islam, hari libur ini mulai satu hari hingga satu minggu karena hari raya ini merupakan hari raya utama bagi pemeluk agama Islam. (*)

Sumber: Syiahpedia

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA