Menyambut Kejuaraan Dunia Biathle dan Triathle 2023 di Bali

Presiden Union Internationale de Pentathlon Moderne, Dr. Klaus Schormann. (DAP)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Biathle, merupakan olahraga pantai yang menggabungkan cabang olahraga lari dan renang. Sedangkan Triathle merupakan cabang gabungan olahraga menembak, renang, dan lari.

Briathle dan Triathle menjadi bagian dari modern pentathlon, salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

Kali ini, kejuaraan dunia Biathle dan Triathle 2023 digelar di Ayodya Nusa Dua, Bali, selama 5 hari, pada 1-5 November 2023.

Sebanyak 400 atlet dari 44 negara termasuk Indonesia mengikuti kejuaraan ini.

Presiden Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) Dr. Klaus Schormann membuka secara resmi Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023, Kamis (2/11/2023).

Klaus Schormann mengawali pembukaan dengan memukul gong sebanyak 3 kali.

Pembukaan Kejuaraan dunia ini dihadiri oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Anthony Charles Sunarjo, Ketua Umum KONI BaliI Gusti Ngurah Oka Darmawan dan Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora, Yohan, mewakili Menpora.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi dan berharap kejuaraan mendapat dukungan dari semua pihak terutama pemerintah pusat.

“Ini membutuhkan banyak suport dari semua pihak terutama dari pemerintah Indonesia, bagaimana supaya olahraga ini bisa bergerak,” kata Raja.

Ketua MPI Anthony Charles Sunarjo mengatakan kejuaraan ini menjadi yang pertama diselenggarakan di Indonesia bahkan di Asia.

Staf Ahli Menpora Yohan menyampaikan terima kasih kepada UIPM yang telah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan ajang untuk pertama kalinya.

“Kami menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan dunia modern UIPM Biathle dan Triathle 2023 ini. Suatu kehormatan buat Indonesia terlebih untuk pertama kalinya dapat diselenggarakan di Indonesia, bahkan di Asia, penyelenggaraan kompetisi internasional modern pentathlon,” ucap Yohan.

Menurut Yohan, modern pentathlon merupakan salah satu cabang olahraga Olimpiade, sehingga, ungkap dia, diharapkan pada kejuaraan akbar tingkat dunia ini dapat mengukir dan mempersembahkan prestasi untuk Indonesia dan negara-negara peserta.

Ia meyakini, kejuaraan dunia ini menjadi ajang bergengsi sebagai upaya memberikan kontribusi dalam bentuk prestasi untuk menuju peringkat yang lebih tinggi, yakni peringkat dunia.

Kejuaraan Dunia Biathle/Triathle di Bali tidak hanya untuk memasyarakatkan modern pentathlon di Indonesia, tetapi juga mencari dan menciptakan atlet-atlet yang potensial, khususnya atlet Indonesia, juga sebagai sarana pengembangan dan pemberdayaan bakat atlet, utamanya dalam event internasional.

“Selamat bertanding kepada para atlet. Tunjukkan segala bakat-bakatmu, raihlah prestasi sebaik-baiknya, dan bertandinglah dengan penuh sportivitas. Jangan lupa selesai bertanding, nikmatilah alam Indonesia,” imbuh dia. (nsa)

 

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA