Ikhtiar Majukan Pendidikan Kukar, Salehuddin Perjuangkan Anggaran untuk Sekolah Negeri dan Swasta

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Anggota DPRD Kaltim Salehuddin telah memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) lewat sekolah-sekolah negeri.

Dia juga menggolkan anggaran untuk memajukan sekolah-sekolah swasta di Kukar. Salah satunya pembangunan SMK Farmasi Tenggarong. “Sekolah itu kita bantu tahun lalu,” katanya kepada beritaalternatif.com pada Rabu (19/10/2022) sore.

Politisi Golkar ini mengaku akan memperluas bantuan untuk sekolah-sekolah swasta di Kukar. Ia pun mendorong para kepala sekolah dan pengurus yayasan untuk lebih pro aktif melakukan komunikasi dan pendekatan dengan Biro Kesra Kaltim.

Pasalnya, sambung dia, bantuan untuk sekolah-sekolah swasta mesti melalui Biro Kesra Kaltim. “Prosesnya agak panjang di situ,” ucapnya.

Salehuddin juga mengaku bisa memperjuangkan anggaran untuk sekolah-sekolah di bawah kewenangan Kementerian Agama.

Hanya saja, untuk membantu sekolah-sekolah tersebut memerlukan sikap pro-aktif para pengelolanya. “Misalnya seperti administrasi usulannya,” imbuh Salehuddin.

Diketahui, SMK/SMA negeri dan swasta di Kukar berjumlah 96 unit. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di 18 kecamatan se-Kukar.

Sebelumnya, kewenangan dalam penganggaran dan pemberian bantuan untuk SMK/SMA berada di tangan pemerintah kabupaten/kota.

Namun, setelah terbit Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kewenangan tersebut dialihkan ke pemerintah provinsi.

Dalam peraturan tersebut, pemerintah kabupaten/kota hanya memiliki kewenangan untuk mengatur dan memajukan sekolah-sekolah dari jenjang SD hingga SMP.

Atas dasar itu, Salehuddin banyak mengarahkan anggaran di bidang pendidikan untuk memajukan SMA/SMK di Kukar. “Insyaallah akan kita perjuangkan terus untuk kemajuan pendidikan kita,” katanya. (adv/um)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA