Spesial Dua Tahun Berita Alternatif: Tafsir Proporsional Mencerahkan

CEO Berita Alternatif, Ahmad Fauzi. (Dok. Berita Alternatif)
Listen to this article

Oleh: Ahmad Fauzi*

Proporsional diadopsi dari bahasa Inggris proportional yang artinya sebanding. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia proporsional berarti sesuai dengan porsinya.

Sedangkan “mencerahkan” berasal dari kata dasar cerah, yang dalam KBBI artinya terang, jernih, berseri, bersih. Mencerahkan adalah menjadikan cerah.

Sebagaimana media yang bergerak di bidang pers lainnya, beritaalternatif.com mempunyai tujuan memberikan informasi, edukasi, hiburan, dan kontrol sosial.

Beritaalternatif.com mengusung dan mengunggulkan tema proporsional. Tujuannya agar tidak ada orang yang dirugikan dalam pemberitaannya; berupaya untuk tidak zalim. Media ini mengedepankan keberimbangan informasi untuk disuguhkan kepada publik. Dengan itu, pemberitaan bisa lebih obyektif.

Beberapa berita utama beritaalternatif.com menggunakan metode analitik dan studi komparatif (perbandingan) yang mengambil berbagai perspektif atau pandangan sehingga pembaca bisa menyimpulkan dengan bijak setiap dimensi fenomena yang diangkat media ini.

Fondasi utama lainnya yang diusung beritaalternatif.com adalah frasa “mencerahkan” yang berarti media ini mempunyai konsentrasi untuk memproduksi konten -konten atau artikel yang edukatif yaitu dengan mencari narasumber -narasumber yang kompeten di bidangnya, membangkitkan budaya literasi di tengah distrupsi narasi -narasi yang tidak logis dan merobohkan tembok penyekat fanatisme umat manusia. Karena itu, media ini diharapkan menjadi wadah bagi warga dunia agar terbuka dengan pandangan -pandangan universal.

Dengan dua tagline (proporsional mencerahkan) itu, muncullah beberapa program utama, di antaranya: Pertama, komitmen meningkatkan minat literasi masyarakat yaitu dengan membuat kolom opini. Beritaalternatif.com mengajak para pembaca atau pengunjung untuk menulis opini sebagaimana syarat yang telah ditentukan pihak redaksi (silakan hubungi kontak kami).

Kedua, masih seputar literasi. Berita Alternatif terbuka dengan kerja sama di bidang jurnalistik baik pemberitaan berupa penyebaran karya tulis oleh praktisi di setiap instansinya (pemerintah, perguruan tinggi, sekolah, NGO, perusahaan swasta, BUMD, desa dan lain -lain) dengan pembuatan kolom di website beritaalternatif.com sesuai kesepakatan tertentu maupun berpartisipasi untuk menjadi instruktur dalam pelatihan -pelatihan jurnalistik.

Ketiga, mengenal tokoh. Banyak dari kita memerlukan inspirasi dari orang lain. Pada kolom tokoh, beritaalternatif.com pun menyuguhkan profil, perjalanan hidup dan perjuangan para tokoh global, nasional, regional, dan lokal. Harapannya manaqib yang bersangkutan bisa menjadi pelajaran bagi para pembaca.

Keempat, terhadap pemberitaan hukum dan kriminal, Berita Alternatif mengedepankan praduga tak bersalah, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk mengadu, berkomentar, klarifikasi, hingga memberikan tanggapan ahli agar kasus yang diangkat menjadi jelas duduk perkaranya.

Kelima, terkait fenomena clickbait yang mengundang konflik sara, Berita Alternatif berlepas diri dari hal -hal tersebut dan cenderung memberikan titik terang dari setiap permasalahan.

Keenam, pemahaman sejarah. Sejarah merupakan akar pengetahuan setiap entitas. Apabila manusia tidak memahami sejarah, maka otomatis ia kehilangan arah dalam menjalani hidup, tidak mempunyai filosofi dan mudah dimanfaatkan. Dengan belajar sejarah, para pembaca bisa memetik hikmah dan mempunyai sikap yang kokoh untuk menjalani roda kehidupan.

Manajemen Berita Alternatif mengucapkan terima kasih yang sebesar -besarnya atas kunjungan teman -teman pembaca yang dalam dua tahun belakangan ini sudah mencapai ratusan ribu atau hampir satu juta pembaca.

Kami juga mengapresiasi rekan -rekan yang bergerak di media baik jurnalis, redaksi, hingga manajemen yang berkenan berbagi (sharing) dalam pekerjaan di bidang ini. Kami berharap bisa memperluas manfaat melalui konten -konten berkualitas yang diterbitkan media ini. (*CEO Berita Alternatif)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA