Wakil Ketua DPRD Kaltim: Kukar Punya Potensi Besar di Sektor Pertanian

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Humas DPRD Kaltim)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menjelaskan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar menjadi pemasok pertanian.

Samsun menilai, Kukar memiliki potensi yang besar karena produk unggulan yang dikembangkan petani di Kukar, khususnya Kecamatan Samboja terdapat banyak hasil panen seperti salak, alpukat, hingga jambu kristal dan beberapa jenia buah lainnya.

“Dari salak, alpukat hingga jambu kristal ada di sana, belum lagi langsat, dan produk holtikultura lainnya,” ucap Samsun, Kamis (9/11/2023)

Selain itu, ia menyatakan bahwa para petani di Kukar pun siap dan mampu bersaing dalam memproduksi produk pertanian berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal hingga nasional. Terlebih kesejahteraan para petani dan beberapa bantuan pertanian.

“Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, alat pertanian, dan fasilitas irigasi. Selain itu, kami juga menggandeng pihak swasta dan perguruan tinggi untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada petani,” ujarnya.

Poltikus PDI Perjuangan itu berharap dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, serta kerjasama dengan berbagai pihak, Kukar dapat menjadi lumbung pangan dan penghasil bumi terbaik di Kaltim.

“Kami ingin hasil pertanian di Kabupaten Kukar dan juga Provinsi Kaltim berkualitas, dengan dukungan infrastruktur irigasi yang memadai, alat mesin pertanian, intensif pupuk, bibit unggul, hingga peningkatan kapasitas petani,” sebutnya.

Ia menambahkan, DPRD Kaltim akan terus mengawal dan mendukung program-program pembangunan pertanian di Kaltim, baik melalui fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan. Ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memajukan sektor pertanian di daerah ini.

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas pertanian di Kaltim, karena ini merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah yang harus kita perhatikan bersama,” tutup Samsun. (adv/rk/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA