Search
Search

Muhammad Samsun Dorong Pemprov Kaltim Tingkatkan Kualitas Petani

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menginginkan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat dibarengi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas produk pertanian guna menciptakan ketahanan pangan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata dia, diperlukan pembinaan yang masif kepada para petani.

Menurut Samsun, upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian semestinya dimaksimalkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

“Jangan hanya pembangunan infrastruktur saja yang dioptimalkan saat menjelang perpindahan IKN di Kaltim, tapi SDM para petani juga penting,” ujarnya, Senin (31/19/2023).

Samsun berharap sektor pertanian di Kaltim dapat diprioritaskan, karena sektor tersebut akan menopang kebutuhan pangan daerah sehingga Kaltim tidak lagi mendatangkan beras dari luar daerah ataupun luar negeri.

Ia menyebutkan bahwa pangan akan menjadi salah satu kebutuhan yang paling dibutuhkan masyarakat, terlebih jumlah imigran yang akan berpindah ke Kaltim menjelang pemindahan IKN mencapai jutaan orang.

“Kita sepakat pembangunan IKN tak hanya fokus di fisik saja, melainkan non-fisik juga. Yakni, dari sisi SDM-nya,” sebut Samsun.

Para petani, lanjut dia, harus diberdayakan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan di wilayah IKN Nusantara.

Peningkatan kualitas SDM petani penting. Namun, bukan sekedar kecakapan atau keterampilan.

“Namun yang terpenting lagi adalah soal mindset, bagaimana kita yang disebut masyarakat daerah hari ini memantaskan diri untuk menjadi warga ibu kota,” tegasnya.

Ia harapan pembangunan IKN bisa fokus di bidang peningkatan kualitas SDM, sehingga pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur fisik semata. (adv/rk/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA